Latest News

Translate



Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Jumat, 22 Desember 2023

PPME. NURIS 2 JEMBER TIDAK HENTI-HENTI TANAMKAN NILAI KEBAIKAN KEPADA SANTRINYA

 



Kali ini melalui kegiatan Mabisa (Masa Bimbingan Santri Baru) Pondok Pesantren Mahasiswa Entreprenenur (PPME) Nuris 2 Mangli-Jember kembali tanamkan nila-nilai kebaikan kepada santrinya. Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 7-8 September 2018 kemarin berlangsung sangat meriah. kegiatan tersebut mengusung tema “Rekonstruksi karakter santri yang mandiri, peduli dan berjiwa  entrepreneur di era milenial”.
Kegiatan ini mengusung tema “Rekonstruksi karakter santri yang mandiri, peduli dan berjiwa  entrepreneur di era milenial”. Tema tersebut kami sepakati karena kami merasa bahwa di era milenial seperti ini, nila-nilai tersebut sudah sangat minim dan perlu dibentuk kembali sebagai ciri khas dan karakter santri nusantra”. Ungkap Yulia sebagai ketua panitia kegiatan ini.
“seperti halnya nilai mandiri, nilai mandiri di era milenial ini sudah mulai dikikis habis oleh adanya kemudahan dari pada dunia internernet yang mengakibatkan semuanya serba digitalisasi. Apapun akhirnya bisa dengan mudah kita dapatkan hanya dengan duduk santai sambil mengusap-usap gadget kita. Nah ini yang membuat manusia pada zaman sekarang ini memiliki sifat yang konsumtif, tidak peduli dan akhirnya tidak memiliki mental yang produktif”. Tambah gadis kelahiran Lumajang.
Lumkhatul Hidayah sebagai protokoler kegiatan ini menjelakan bahwa untuk mewujudakan nilai yang akan dibangun sesuai dengan tema kegiatan yang berupa mandiri, peduli, dan  berjiwa entrepreneur telah di konsep kegiatan-kegiatan dalam program ini yang mengarahkan santri kepada nilai-nilai baik tersebut.
Kami dari protokoler sudah mengonsep semua kegiatan agar sampai kepada target penanaman atau doktrinasi nila-nilai mandiri, peduli, dan berjiwa entrepreneur kepada para santri baru PPME. Nuris 2 Mangli-Jember”. Tegas wanita yang akrab dipanggil Dayah ini.
Senada dengan hal tersebut, Noval Subaeri yang juga merupakan tim Protokoler kegiatan tersebut menjelaskan bahwa salah satu bentuk penanaman nilai-nilai dalam tema itu tertuang dalam materi seperti halnya kajian keislaman, materi dan praktek entrepreneur, pelatihan pemadaman kebakaran, materi menghadapi bencana, dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Penanaman nilai mandiri, peduli, dan berjiwa entrepreneur itu kami tuangkan dalam kegiatan seperti halnya materi entrepreneur yang juga disertai prakteknya adalah untuk menanamkan jiwa produktif dan pantang menyerah. pelatihan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana untuk menanamkan nilai mandiri dan peduli. juga kajian keislaman dan kegiatan lain-lain agar santri benar-benar dapat tertanam nilai positif tersebut. bahkan hasil praktek entrepreneur akan diserahkan kepada korban gempa di lombok”. Jelas Noval.
Kegiatan yang dibuka oleh Manager Bank Mandiri Cabang Jember ini Sedikitnya diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini memberikan kesan positif bagi para peserta. Wildan salah satu peserta kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk melatih karakter santri baru menjadi lebih baik lagi. Disamping itu, kemasan dari kegiatan ini tidak membosankan sehingga kegiatan ini menjadi menarik dan menyenangkan.
Kegiatan mabisa ini sangat bagus untuk melatih karakter kita sebagai santri baru agar menjadi yang lebih baik lagi. Kemasan kegiatannya  juga sangat menarik sehingga tidak membuat kami jenuh dalam mengikutinya. Dan akhirnya kami menyimpulakn kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan” ungkap Wildan.
Senada dengan hal tersebut, Cindy Bachtiyar peserta asal bali ini menambahkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan mendidik. 
kegiatan ini menurut saya tidak hanya menyenangkan tapi juga mendidik. Dimana setiap kegiatannya walaupun itu hanya game akan tetapi  tidak pernah lepas dari adanya unsur mendidik kearah yang positif”. kata Cindy.
*Oleh Humas PPME. Nuris 2 Mangli-Jember.

 PPME. NURIS 2 JEMBER TIDAK HENTI-HENTI TANAMKAN NILAI KEBAIKAN KEPADA SANTRINYA
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

Terkini

Top